Senin, 01 Agustus 2011

Ramadhan Ya Ramadhan

Beruntung Tuhan ciptakan Ramadhan yang secara tegas dinyatakan sebagai bulan pengampunan dosa-dosa umatnya. Bayangkan kalau tidak.
Sulit membayangkan betapa berat memikul dosa-2 kita seandainya tiada Ramadhan sbg mesin cucinya. Kita akan seperti tubuh yang tidak punya pembuangan.
Tuhan janjikan semua dosa diampuni. Kecuali dosa yang berkait dengan sesama manusia. Tuhan menyilahkan kita selesaikan sendiri. Sangat demokratis
Itu sebabnya menjadi kewajiban sebelum memasuki Ramadhan, kita harus saling memaafkan, saling mengikhlaskan. Lahir & batin.
Saban tahun Ramadhan datang , itu tanda Tuhan tak jemu-jemu mengharapkan kita baik. Saking baiknya, terus seperti dia yang sangat berkepentingan.Tetapi dasarnya kita memang khianat, mungkin waktu bermaaf-maafan tadi, bersamaan kita sudah bikin kesalahan. Mungkin,
Pada dasarnya, kita lah yang tidak beres. Bisa jadi waktu maaf2an dengan kawan & saudara, secara bersamaan kita bikin dosa lagi.
Mungkin juga pada melafalkan niat puasa saat sahur tadi, sudah kita tambah dosa lagi. Padahal bukanya msh belasan jam lagi.
Padahal, selama Ramadhan, setan, jin & dedemit sudah ditangkapi, dimasukkan kerangkeng, tangan & kaki diikat untuk memastikan kita bebas dari godaannya.
Keistimewaan Ramadhan lainnya karena berlimpah bonus & voucher. Salat sunah digandakan pahalanya. Tidur saja pun ibadah dapat pahala. maksudnya tidurnya, tidur normal karena lelah sehabis kerja atau beribadah. Bukan tidur dari habis sahur terus bangun 10 menit sblum Maghrib.
Ramadhan adalah bulan untuk menggelorakan " amal maruf nahi mungkar": menyeru kebaikan, menghadang kemungkaran.
Ramadhan memang bulan saling memaafkan. Memaafkan koruptor boleh saja. Tapi pelanggaran hukumnya bukan bagian yang dianjurkan dalam puasa.
Pada bulan Ramadhan inilah paling dianjurkan untuk bersedekah & berzakat, terutama kepada anak-anak yatim. Pahalanya besar berlipat ganda bonusnya. Tapi ingat jangan dibalik: demi bersedekah mencuri dianggap halal...... dan Semoga amal ibadah kita di bulan suci ini di terima oleh ALLAH S.W.T dan di ampuni dosa-dosa kita.. Amien ya Roballamin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar